HOME

Kamis, 20 Mei 2010

TOKEK KEHIDUPAN


Suatu pagi di bulan April yang lalu, saya terbangun oleh teriakan anak saya memanggil nama saya beberapa kali. Sepontan saya keluar dan mendapatkan anak saya tertawa sambil memandang ke lantai. Saya mencari tahu apa yang terjadi.


Ternyata seekor tokek muda baru saja jatuh dari langit-langit rumah bersamaan dengan seekor tawon. Saya diam sejenak untuk merenungkan apa makna semua ini. Dan saya pun tak menyia-nyiakan kesempatan langka ini. Saya segera mengambil kamera dan hanya dapat dua bidikan. Salah satunya kabur karna tokek keburu ngacir.


Rupanya, si tokek muda telah salah memilih mangsa. Bisa jadi ia terlalu ambisius dengan mangsa yang besar tanpa memikirkan resiko dengan seksama. Pokoknya asal tangkap dan “maknyos” ! Ia pun tersengat. Saya yang pernah disengat tawon tahu bagaimana kira-kira rasa sakit yang mesti dialami oleh si tokek yang belum pengalaman. Belum lagi lagi ditambah rasa sakit ketika jatuh ke lantai. Yang jelas si tokek tak bergerak kira-kira lima menitan sebelum kabur. Tawon mati karena sempat terjepit di mulut tokek di samping kehilangan sengat.


Saya pikir hidup meraih impian adalah perjuangan. Namun, jangan asal instan, apalagi ceroboh. Jangan karena loba kita lupa diri. Syukuri yang kecil sambil belajar memaknainya. Jangan kuatir karna yang besar pastilah akan tiba waktunya bila Tuhan mengizinkannya, seperti petunjuk nats berikut :


Matius 6 : 34
"Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

2 komentar:

  1. Mantabh Pak Pica.....
    yup,, benar sekali pak.. "Jangan kuatir karna yang besar pastilah akan tiba waktunya bila Tuhan mengizinkannya"... karena semua akan indah tepay pada waktunyaaa.... terima kasih Pak Pica... :))
    Gbu

    BalasHapus
  2. gecko is falling down while trying how delicious is a bee,probably it's will be really delicious for MC mouse.So I agree with you for don't tray to grab something if we are not ready/prepared yet..cause it's hurt..

    BalasHapus